You are here

Dunia Vektor dan Reservoir Penyakit

Mulai dipersiapkan sejak 15 Oktober 2010, akhirnya Pusat dokumentasi, dan informasi Pengendalian Vektor dan Reservoir Penyakit di Indonesia pun di resmikan (14/9). Pusat Dokumentasi dan Informasi dengan julukan Dunia Vektor dan Reservoir Penyakit (Duver) yang berlokasi di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan(B2P2) Vektor dan Reservoir Penyakit Salatiga, direncanakan pula sebagai salah satu wahana wisata ilmiah tentang vektor dan reservoir terlengkap dan terkemuka di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, Menkes juga meresmikan peluncuran Buku Atlas Vektor Penyakit, sekaligus membuka Seminar Nasional Penyakit Tular Vektor dan Reservoir 2011 bertema ''Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Sebagai Lokomotif Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang Dalam Rangka Mendukung Pembangunan Kesehatan Bangsa''.

Hadir dalam acara ini, Menteri Kesehatan RI yang sekaligus membuka dan meresmikan Duver, Kepala Dinas Kesehatan Prov Jateng mewakili Gubernur Jawa Tengah, walikota dan wakil walikota Salatiga, jajaran Muspida, DPRD, Kabadan Litbangkes, Dirjen P2PL, Kepala B2P2VRP Balitbangkes Salatiga sebagai Tuan Rumah, Kepala Dinas Kesehatan Salatiga serta segenap keluarga besar B2P2VRP Salatiga khususnya, dan Balitbangkes umumnya.

Dalam sambutannya Menkes RI mengharapkan Duver bisa menjadi sasaran wisata ilmiah para pelajar di Indonesia. Selain buku Atlas yang sudah diterbitkan, Menkes juga minta dibuatkan buku khusus untuk anak-anak tentang vector dan reservoir sedari awal. Dalam sambutannya Menkes juga mengharapkan Kemkes bisa memberikan contoh dalam hal kebersihan lingkungan, sampah dibuang pada tempatnya, menjaga kebersihan toilet yang salah satunya ditandai dengan toilet yang tidak berbau. Lebih jauh Menkes juga meminta agar setiap Instansi, terutama unit-unit utama kementerian kesehatan untuk menyediakan tempat khusus pojok ASI bagi ibu-ibu menyusui agar dapat memberikan ASI eksklusif kepada bayi mereka sesuai dengan anjuran pemerintah.

Sumber : Humas Balitbangkes







E-MAIL LOGIN


@litbang.depkes.go.id

  


APLIKASI








L P B



E-Journal Berlangganan




U L P



PENGUNJUNG

hit counter