You are here

Jurnal Penelitian Gizi dan Makanan

SUSUNAN DEWAN REDAKSI

Penanggung Jawab : dr. Siswanto, MHP, DTM

Pemimpin Redaksi : Nurfi Afriansyah, SKM, MScPH

Anggota Redaksi : Ir. Arnelia, MSc
: Ir. Yuniar Rosmalina, MSc
: Ir. Sri Prihatini, MKes
: dr. Reviana Christijani, MKM
: Nelis Imanningsih, STP, MSc

Redaktur Pelaksana : Junediyono, SKM, MKM
: Nuzuliyati Nurhidayati, SKM, MKM

Sekretaris Redaksi : Yessy Desviyanti
: Shanty Aru Rahmawati, SSos

Tata Usaha : Yunita Sari, SSos

Alamat Redaksi : Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik
Jl. Dr. Sumeru No. 63, Bogor 16112
Tel. (0251) 8324583, 8321763 Fax. (0251) 8326348
Website: www.pusat2.litbang.depkes.go.id
e-mail: redaksipgm@yahoo.com


PEDOMAN PENULISAN NASKAH

• PENELITIAN GIZI DAN MAKANAN merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik (d/h Puslitbang Gizi dan Makanan) dua kali setahun. Tulisan yang dimuat berupa naskah/artikel hasil penelitian dan pengembangan, hasil analisis ilmiah data skunder, analisis kebijakan, dan kajian (review) tentang topik terkini di bidang gizi dan makanan.
• Redaksi menerima naskah/artikel ilmiah, baik dari dalam maupun luar Pusat Teknologi Terapan Kesehatan dan Epidemiologi Klinik, dengan ketentuan naskah belum pernah dimuat atau sedang diajukan untuk dimuat dalam media lain.
• Naskah yang dikirim akan diseleksi oleh Dewan Redaksi apakah layak dimuat atau tidak. Untuk naskah yang dimuat, Dewan Redaksi berhak mengedit naskah sepanjang tidak mengubah arti atau inti/isi pokok tulisan guna keperluan tata letak. Sementara naskah yang ditolak, akan dikembalikan kepada penulis.
• Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris disertai dengan judul, abstrak dan kata kunci dalam 2 bahasa( Indonesia dan Inggris). Abstrak harus singkat, jelas, dengan jumlah kata 150-200 kata meliputi background, objective, method, results, conclusion, disertai dengan 3-5 kata kunci (keywords).
• Naskah dikirim dalam bentuk electronic file, ditulis menggunakan program Microsoft Word, spasi 1,5 lines, huruf Arial fontasi 12, jumlah halaman 10-20.
• Setiap tabel, gambar, grafik, dan bagan diberi nomor urut. Judul tabel ditulis pada bagian atas, sedangkan judul gambar, grafik dan bagan ditulis pada bagian bawah. Lambang, singkatan atau akronim dapat digunakan setelah ada penjelasan atau kepanjangannya.
• Sistematika penulisan naskah untuk hasil penelitian mengikuti kaidah sebagai berikut:
Judul dalam bahasa Indonesia dan Inggris, tidak lebih dari 14 kata tanpa menghitung kata depan dan kata penghubung; Identitas penulis: nama penulis, lembaga asal penulis beserta alamat, dan alamat e-mail penulis; Abstrak sesuai ketentuan; Pendahuluan (meliputi latar belakang, tujuan); Metode (mencakup desain penelitian, setting, sampel/partisipan, variabel, sumber data/pengukuran, cara analisis, dan metode statistik); Hasil (karakteristik sampel, data deskriptif, data ‘outcome’, hasil-hasil utama); Bahasan (hasil-hasil penting, interpretasi, keterbatasan penelitian); Kesimpulan dalam bentuk narasi (bukan pointer); Saran; Ucapan Terima Kasih; dan Rujukan. Jika naskah bukan dari hasil penelitian, sistematika disesuaikan dengan alur yang runut.
• Penomoran referensi yang dikutip diletakkan di belakang kutipan, menggunakan superscript font (contoh1,2). Bila nomor kutipan berurutan lebih dari 2, nomor awal dan akhir dipisahkan dengan tanda hubung (contoh 1-3). Penulisan rujukan harus taat asas, konsisten, dan disusun sesuai urutan pemunculan dalam teks. Contoh penulisan Rujukan:
a. Majalah/Terbitan berseri:
Ernawati F, Saidin M. Determinan status anemia siswa SLTA di DKI Jakarta. Penel Gizi Makan. 2008;31(2): 82-87. (Bila penulis > 6 orang, yang ke-7 ditulis et al; judul makalah dengan sentence case; nama majalah dengan singkatan index medicus).
b. Buku/Monograf:
Bower JA. Statistical methods for food science: introductory procedures for the food practitioner. Oxford: Wiley-Blackwell, 2009.
c. Bab (Chapter) dalam buku:
Levitsky DA. The control of food intake and the regulation of body weight in humans. In: Harris RBS, Mattes RD, editors. Appetite and food intake: behavioral and physiological considerations. Boca Raton: CRC Press, 2008; 21-42.
d. Prosiding/Seminar:
Muhilal, Sulaeman A. Angka kecukupan vitamin larut lemak. Dalam: Soekirman, Seta AK, Pribadi N, Martianto D, Ariani M, Jus’at I et al, editor. Prosiding Widyakarya Nasional Pangan dan Gizi VIII; 17-19 Mei 2004; Jakarta; 2004. p.331-353.
e. Laporan Penelitian/Karya Tulis Ilmiah:
Prihatini S, dkk. Faktor determinan risiko osteoporosis di tiga provinsi di Indonesia. Laporan Penelitian. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi dan Makanan, 2008.
f. Terbitan Pemerintah:
Indonesia, Badan Pusat Statistik. Statistik penduduk lanjut usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2007.
g. Elektronik file:
Cutrell S. The mechanism of high blood presure and sodium. In: http://www.livestrong.com/article/370397-the-mechanism-of-high-blood-pre.... Januari 31, 2011. (diunduh 30 Juli 2012)





E-MAIL LOGIN


@litbang.depkes.go.id

  


APLIKASI








L P B



E-Journal Berlangganan




U L P



PENGUNJUNG

hit counter