Kunjungan Kepala Badan Litbang Kemenkes RI ke Balai Litbang GAKI Magelang

Magelang-Kamis (21/08), Kantor Balai Penelitian dan Pengembangan Gangguan Akibat Kekurangan Yodium, Magelang mendapatkan kehormatan dikunjungi Kepala Badan Litbangkes, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE. Sebagai Pejabat Baru di lingkungan Badan Litbangkes, Prof. Tjandra, begitu ia akrab disapa, akhir-akhir ini memang sering melakukan kunjungan ke berbagai satuan kerja (satker) yang bernaung di bawah Badan Litbangkes yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.



Hubungan Ebola dengan DBD

Ebola yang sedang mewabah di Afrika tergolong‎ viral haemorrhagic fevers (VHFs).
Hasil penelitian ternyata menunjukkan bahwa viral haemorrhagic fevers (VHFs) disebabkan oleh 4 jenis virus RNA, yaitu:
1) Filoviruses , menyebabkan penyakit Ebola haemorrhagic fever (HF) dan Marburg HF
2) Arenaviruses menyebabkan Lassa fever, Argentine HF dan Bolivian HF
3) Bunyaviruses menyebabkan Korean HF (Hantavirus), Rift Valley fever dan Crimean-Congo HF



Congo Menjadi Negara ke-5 yang Terjangkit Ebola di 2014?

Pada akhir Agustus 2014, Menkes Congo melaporkan ditemukannya dua kasus positif Ebola. WHO belum mengkonfirmasi temuan ini, dan masih akan melakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah memang Congo menjadi negara ke lima terjangkit Ebola di 2014.
Ada dugaan bahwa jenis Ebola di Congo berbeda dengan di 4 negara Afrika Barat, walaupun hal ini masih dalam konfirmasi laboratorium.



Mereformasi Perencanaan Kesehatan

Kepala Badan Litbangkes Prof. Tjandra Yoga Aditama menegaskan bahwa hal yang jangan terlupakan adalah tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan rakyat. Kita jangan terlalu larut dengan metodologi masing-masing hingga melupakan tujuan tersebut. Hal ini terungkap saat Prof Tjandra memberikan sambutan yang sekaligus secara resmi membuka pertemuan Workshop Reformasi Perencanaan Kesehatan (26-29/8) di Hotel Media.



PERTEMUAN JARKOMNAS KOMISI ETIK PENELITIAN KESEHATAN (KEPK)

(Bandung 25 - 27 Agustus 2014) Bertempat di Hotel Salis yang berlokasi di jalan Setiabudi di Kota Kembang Bandung Komisi Etik Penelitian Kesehatan Badan Litbangkes mengadakan pertemuan Jaringan Komunikasi Nasional Komisi Etik Penelitian Kesehatan. Pertemuan ini menghadirkan sebanyak kurang lebih 30 orang dari berbagai institusi di Indonesia seperti Fakultas Kedokteran UI, UGM, Unair, USU, Unand, Unud, Unsoed, Unsri, Undip, Unibraw dan Institusi RS Pendidikan.



Kasus RS Pusat Infeksi Sulianti Saroso (RSPI SS) Bukan Ebola

Sehubungan pertanyaan-pertanyaan wartawan tentang kasus warga negara asing yang dirawat di RSPI Sulianto Suroso‎, saya sampaikan 2 penjelasan sebagai berikut :
I.‎ Dari hasil pemeriksaan PCR di Laboratorium Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, maka saya konfirmasi bahwa kasus itu negatif ebola, tidak ada virus ebola, bukan kasus Ebola.



Pages



E-MAIL LOGIN


@litbang.depkes.go.id

  


APLIKASI








L P B



E-Journal Berlangganan




U L P



PENGUNJUNG

hit counter