You are here

Penanggulangan Daerah Bermasalah Kesehatan

PDBK
Penanggulangan Daerah Bermasalah Kesehatan (P-DBK) adalah upaya kesehatan terfokus, terintegrasi, berbasis bukti, dilakukan secara bertahap di daerah yang menjadi prioritas bersama kementerian terkait, dalam jangka waktu tertentu dan sampai mampu mandiri dalam menyelenggarakan kewenangan pemerintah di bidang kesehatan seluas-luasnya.Penanggulangan-DBK (P-DBK) telah menjadi salah satu upaya reformatif dan akseleratif dalam Rencana Strategis Kementerian Kesehatan 2010-2014.

Arah utama P-DBK yaitu upaya membantu Daerah untuk mengurai atau menghilangkan setiap penyulit agar dapat meningkatkan kegiatan pelayanan inovatif yang mampu mendorong peningkatan setiap indikator IPKM. Dengan memprioritaskan pencapaian indikator yang mempunyai bobot besar bagi peningkatan nilai IPKM maka semakin besar pengaruhnya terhadap peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) yang merupakan salah satu pilar dari tiga pilar pembentuk Indeks Pembangunan Manusia.

Pelaksanaan P-DBK dipantau secara terus menerus dengan prosedur penelitian operasional dengan harapan diperoleh pola/model yang relatif reliable untuk dapat direplikasikan bagi daerah lain, atau dengan modifikasi yang sangat terbatas.

Mengingat rerata IPKM Kabupaten dan IPKM Kota berbeda secara bermakna, maka analisis untuk menentukan model intervensi perlu dipisahkan analisis untuk kabupaten dan analisis untuk kota. Kondisi ini pula yang menjadi acuan dalam menetapkan Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK).

Dokumen Terkait :
Buku Saku PDBK (PDF: 1.4MB)
Pedoman PDBK Buku 1 (PDF: 214KB)
Pedoman PDBK buku 2 (PDF: 561KB)
Pedoman PDBK Buku 3 (PDF: 181KB)



E-MAIL LOGIN


@litbang.depkes.go.id

  


APLIKASI









E-Journal Berlangganan




U L P



PENGUNJUNG

hit counter